Perlombaan Ikan Cupang di Bandung

Perlombaan atau kontes Ikan Cupang Indonesia digelar di Bandung, tepatnya oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad bersama Komunitas Mahasiswa Budidaya (Karamba). Lomba ini sudah rutin digelar dan kali ini adalah yang ketiga. Nama lombanya adalah Padjadjaran Betta Contest.

Perlombaan kontes Ikan Cupang ini berlangsung pada akhir 2016 lalu dan merupakan tahun ketiga penyelenggaraan , dan pada penyelenggaraan kali ini 3 rangkaian acara digabung dalam satu acara besar, yaitu Intechnoculture.

Kegiatan yang bertujuan mempererat jalinan kerjasama antar penggemar ikan cupang ini, memberikan pemahaman terhadap masyarakat mengenai ikan cupang, dan mengedukasi masyarakat sejak dini mengenai ikan.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, Karamba FPIK Unpad dapat meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat mengenai ikan. Salah satunya dengan diadakan kontes ikan cupang.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, kami dapat meningkatkan roda kehidupan para pembudidaya ikan cupang,” ujar Ketua UKMF Karamba FPIK Unpad, Sudarsa Detrik.

Dosen FPIK Unpad sekaligus pembina UKMF Karamba FPIK Unpad, Ujang Subhan, mengatakan banyak manfaat yang diperoleh dengan diadakannya kontes cupang, diantaranya proses pembelajaran bagi mahasiswa untuk menyelenggarakan sebuah event yang terkait dengan perikanan.

Manfaat lainnya, utuk membangun kerjasama dengan para pembudidaya ikan terutama ikan hias cupang, sekaligus menginformasikan kepada masyarakat mengenai FPIK Unpad.

Kontes ikan cupang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kota Bandung dan kota-kota besar lainnya untuk menjadi kota unggulan ikan hias di Indonesia.

Ditambah dengan adanya rencana pembukaan Bandara Kertajati Majalengka yang dapat meningkatkan kegiatan ekspor-impor ikan hias terutama bagi warga Sumedang yang dapat meningkatkan pendapatan sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

“Kontes ikan cupang terdiri dari 57 kategori dengan 5 kelas yaitu Kelas Serit, Halfmoon, Plakat, Giant (Super Junior, Junior, Senior) dan Baby (Serit, Halfmoon, Plakat).

Kontes ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Padjadjaran dan uang pembinaan. Pemberian hadiah diberikan kepada peraih juara 1, 2 dan 3 untuk setiap kategorinya, juara pada setiap kelas (grand champion), dan juara umum pada semua kategori” ujar Ujang Subhan.

Save

Save